Rabu, 09 September 2020

Pocari Sweat

Rasa haus pada seseorang merupakan sebuah tanda dehidrasi. Mungkin sebagian dari anda menganggap enteng rasa haus. Namun jika rasa haus ini dibiarkan, maka akan akibatkan dehidrasi berat. Gejala awal dehidrasi ini ditandai dengan bibir kering, meningkatnya suhu tubuh, sakit kepala, dan lain-lain. Untuk itu, peran elektrolit sangat dibutuhkan untuk menjaga kadar air dalam tubuh. Untuk bisa menjaga kadar elektrolit, anda bisa mengonsumsi pocari sweat. Berikut penjelasan detailnya.

Peran Elektrolit Untuk Tubuh

1. Menjaga Cairan Tubuh

Mengapa elektrolit sangat penting untuk tubuh? Elektrolit merupakan sebuah cairan makro yang berisi mineral elektrik makro yang memiliki fungsi mengatur syaraf dan otot tubuh. Elektrolit ini juga berfungsi untuk mengatur serta memelihara asam dan basa didalami tubuh. Bila ditinjau dari segi kimianya, elektrolit merupakan kumpulan ion yang dapat memberikan aliran listrik untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh. 

Elektrolit bisa berkurang dari dalam tubuh dikarenakan aktivitas yang menimbulkan pengeluaran keringat berlebih. Tak hanya itu, kadar elektrolit dalam tubuh akan berkurang jika seseorang mengalami muntah atau diare dalam skala yang tidak normal. Untuk itu, bagi anda yang memiliki aktivitas berat seperti olahraga, anda bisa meminum pocari sweat sebagai penambah ion dalam tubuh ketika melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

2. Menjaga Kinerja Sistem Saraf Dalam Tubuh

Dalam kandungan elektrolit terdapat cairan natrium yang memiliki peran menciptakan perubahan kepada muatan listrik ke dalam sistem saraf. Otak merupakan pusat yang bertugas mengirimkan sinyal kepada seluruh sel saraf dalam tubuh. Bayangkan jika zat elektrolit berkurang dalam tubuh anda, maka akan dipastikan sistem saraf  terganggu dan tidak berfungsi dengan optimal. Hal inilah yang menyebabkan konsentrasi anda berkurang.

3. Dapat menjaga pH Dalam Tubuh

Skala pH normal bagi manusia yang sudah ditetapkan para ahli Skala pH adalah 7,35 – 7,45. Jika kurang dari skala tersebut, tandanya anda harus menambah ion elektrolit dalam tubuh dengan meminum pocari sweat. Cairan yang ada di dalam tubuh memiliki tingkat asam - basa tertentu. Jika jumlah elektrolit dalam tubuh seimbang, semua bagian tubuh anda akan berfungsi dengan optimal dan bisa menjalankan aktivitas seperti biasa.

4. Mencegah Hiponatermia dan Hipokalsemia

Hiponatermia atau sering disebut dengan kekurangan zat elektrolit natrium, dapat menyebabkan berbagai macam gangguan tubuh. Seperti mudah lemas, sering mengantuk, hingga turunnya kesadaran. Penyakit ini sering dialami oleh para lansia karena menurunnya fungsi saraf tubuh yang tidak stabil. Namun untuk beberapa kasus, sering kali orang dewasa bahkan remaja juga mengalami hal tersebut. maka dari itu jangan menganggap enteng rasa haus yang anda alami.

Mengapa gangguan tubuh ini bisa terjadi? Survei mengatakan, hal ini terjadi akibat ketidakseimbangan dalam mengonsumsi air mineral. Mengonsumsi pocari sweat akan membantu menyeimbangkan kandungan cairan dalam tubuh.  Konsumsi air tidak boleh dalam porsi terlalu banyak ataupun dengan porsi sedikit. Untuk itu, para ahli memutuskan mengonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas per hari agar kebutuhan cairan dalam tubuh selalu terpenuhi.

Dalam tubuh manusia, elektrolit merupakan salah satu ion yang dibutuhkan untuk menjaga kestabilan sistem saraf dan menjaga kadar air dalam tubuh. Ion elektrolit memiliki muatan negatif dan positif secara bersamaan. Hal ini menghasilkan reaksi listrik yang juga penting dalam tubuh sebagai proses metabolisme. Pocari merupakan salah satu minuman yang dilengkapi ion elektrolit untuk melengkapi kebutuhan cairan dalam tubuh. Konsumsi setiap hari dan rasakan kebaikannya.

 

0 komentar:

Posting Komentar