Selasa, 26 Mei 2020


Intip Desain Rumah Modern ala White Cliff House!

Sebagai lokasi staycation kekinian dengan gaya lokasi tinggal tropis minimalis, White Cliff House menjadi salah satu hunian idaman yang digemari oleh tidak sedikit orang. Apakah kita juga? Tak salah memang bila Anda senang menyaksikan atau bahkan menginap di lokasi rumah modern minimalis ini. Untuk yang pernah menginap di White Cliff House, tentu sudah menikmati bagaimana nyamannya keadaan dan sejuknya udara di dalamnya, ‘kan? Ingin menciptakan model tempat tinggal minimalis yang sama dengan White Cliff House? Tidak mustahil, kok! Berikut ini tips membangun rumah tropis minimalis langsung dari Noerhadi, arsitek dari RDMA Design yang merancang dan mengelola White Cliff House.

1.       Rumah Tropis Minimalis Menggunakan Jendela Berukuran Besar
Rumah modern minimalis seperti ini mempunyai tantangan sendiri khususnya dari sisi suhu udara dan cuaca. Seperti yang kita ketahui, iklim tropis menciptakan udara yang dapat begitu panas suatu saat dan begitu dingin di lain hari. Nah, penyelesaian yang dapat ditiru yaitu dengan memasang jendela-jendela dengan kaca berukuran besar. Di samping untuk menanggulangi permasalahan cuaca, bagian jendela besar ini juga dapat sekaligus menjadi penyelesaian untuk mengefektifkan cahaya alami.

2.       Manfaatkan Kontur Tanah Jadi Kelebihan Rumah Tropis Minimalis
White Cliff House kebetulan diciptakan di lahan dengan kontur tanah miring sehingga lumayan menyulitkan dari aspek pembangunannya. Meskipun begitu, kelemahan ini bisa dimaksimalkan dengan baik oleh Noerhadi beserta tim dari RDMA Design. Bahkan, kontur tanah yang oleng dapat diolah menjadi suatu nilai tambah dengan membangun balkon yang sekaligus menjadi atap untuk kamar di bawahnya. Bonusnya, masing-masing kamar jadi punya ruang ekstra berupa balkon yang luas!

3.       Rumah Tropis Minimalis Fokus Pada Kaca dan Kisi-Kisi
Kaca dan kisi-kisi jendela ialah elemen tropicality yang sangat urgen dalam arsitektur tropis. Fungsi utamanya ialah untuk mengoptimalkan sirkulasi udara dan penyinaran alami sampai rumah modern minimalis dapat lebih irit energi. Oleh sebab itu, menurut keterangan dari Noerhadi, bagian ini juga harus menemukan perhatian tambahan dalam urusan perawatannya.

4.       Manfaatkan Ruang Kosong Serupa Basemen
Salah satu keunggulan yang sukses dimunculkan oleh arsitek White Cliff House ini ialah keberadaan ruang-ruang kosong layaknya basemen. Ruang-ruang kosong ini didapatkan dengan format struktur bangunannya yang menarik dan lebih menjorok karena berada di tebing. Untuk sebuah hunian pribadi, ruangan kosong ini bahkan dapat diubah menjadi kamar atau ruang serbaguna!

5.       Siasati Saluran Resapan Air dengan Membuat Gutter
Keberadaan White Cliff House di kontur tanah yang oleng pasti bakal memunculkan sekian banyak permasalahan dari alam, misalnya bersangkutan dengan air hujan. Ketika hujan, air bakal langsung mengalir dari bangunan teratas sampai ke ujung bawah. Agar bisa menyiasatinya, Noerhadi beserta timnya menciptakan gutter yang berupa sekat-sekat kecil mengandung batu kerikil di sepanjang lorong dan tangga. Dengan demikian, saat ada aliran air hujan, sekat-sekat tersebut dapat menjadi sumber resapan air supaya air tak membahayakan atau merusak rumah.

6.       Buat Balkon Jadi Ruang Keluarga Tambahan
Memiliki bangunan yang lumayan lapang ini memang lebih baik dijadikan sebagai balkon saja. Selain bisa dipakai untuk bersantai dan merasakan hamparan pemandangan kota, lokasi balkon yang lumayan luas ini juga dapat jadi ruang ekstra yang memadai, lho!


0 komentar:

Posting Komentar