Senin, 20 Januari 2020


Berikut Ulasan Keuntungan Penggunaan Lampu Led Rumah

Penggunaan lampu memiliki dampak yang cukup signifikan baik pada lingkungan maupun budget yang dikeluarkan oleh keluarga. Nah, penggunaan lampu LED rumah sekarang menjadi idaman bagi keluarga. Meskipun, pada kenyataannya harga lampu ini relatif lebih mahal dibandingkan lampu jenis biasa.

Sebagian masyarakat juga enggan menggunakannya dan lebih memilih lampu biasa yang relatif terjangkau. Tetapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat penggunaan Light Emitting Diode alias lampu LED yang kini semakin diminati? Tidak hanya pencahayaannya yang relatif terang dan tahan lama dibandingkan lampu pada umumnya. Anda dapat mengetahuinya melalui ulasan berikut ini.

1.     Tidak Mudah Rusak
Penggunaan lampu biasa seringkali mudah rusak dikarenakan bagian penutupnya terdiri atas bahan yang terbuat dari kaca, sedangkan lampu LED memiliki penutup lebih tahan lama yang terbuat dari plastik. Plastik memiliki sifat ringan, tidak mudah berkarat, dan tahan lama.

Kondisi terparah sekalipun, lampu LED masih berfungsi secara optimal meskipun tutupnya terlepas maupun mengalami kerusakan. Selain itu, bahan plastik pada penutup LED memiliki ketahanan banting dibandingkan lampu biasa sehingga tidak mudah pecah saat terjatuh atau terjadi benturan.

2.     Memiliki Daya Tahan Pemakaian Relatif Lama
Lampu LED memiliki daya hidup lebih panjang dibandingkan lampu pijar sekalipun. Hal ini dikarenakan lampu jenis LED tidak memiliki uap tertentu yang terkandung di dalam penutupnya.

Daya hidup lampu ini bisa bertahan hingga sampai 100.000 jam. Kelebihan Lampu LED memiliki tingkat keawetan 10 kali dibandingkan penggunaan lampu hemat energi yang masih banyak beredar di pasaran.

3.     Lebih Ramah Terhadap Lingkungan Sekitar
Lampu LED rumah memiliki tingkat efektivitas yang sangat baik. Selain itu, penggunaannya yang tidak memerlukan energi terlalu banyak juga tidak perlu memanfaatkan gas tertentu yang memungkinkan membahayakan lingkungan. Transformasi energi pada lampu LED sebagian besar diubah menjadi energi cahaya.

Pada beberapa jenis lampu ada yang menggunakan bahan merkuri. Namun tidak dengan LED, lampu LED sama sekali tidak menggunakan bahan berbahaya tersebut. Sehingga sangat ramah terhadap lingkungan, meskipun lampu sudah dalam keadaan mati.

4.     Lebih Hemat Energi
Penggunaan lampu LED sudah menjadi incaran berbagai industri terutama dalam bidang otomotif. Tidak hanya otomotif, keberadaan lampu LED juga dijadikan sebagai lampu LED rumah. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan lampu LED lebih hemat listrik dengan kisaran nilai 30% sampai 40%.

Dengan menggunakan lampu LED, Anda bisa menghemat biaya tagihan listrik. Sehingga kebutuhan listrik bisa dimanfaatkan untuk alat elektronik lainnya. Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi Anda yang membutuhkan banyak lampu di rumah.

5.     Desain Fleksibel
Lampu LED memiliki desain yang fleksibel. Bentuknya beraneka ragam sehingga bisa disesuaikan dengan desain ruangan Anda. Anda bisa menggantungnya, memasangnya pada lampu hias, lampu atap, dan sebagainya.

Anda tetap bisa menggunakan LED untuk menerangi ruangan dengan kualitas baik tanpa harus menghilangkan keindahan pada desain ruangan Anda. Pilihlah lampu LED sesuai keinginan Anda.

6.     Adaptif Terhadap Cuaca
Lampu LED dapat tetap hidup dalam keadaan cuaca apapun. Baik panas, dingin, maupun saat hujan. Dari sinilah banyak orang yang memanfaatkan lampu LED sebagai penerang di bagian taman atau halaman rumah. Karena sifatnya yang adaptif terhadap udara luar ruangan.

Penggunaan lampu LED rumah memang memberikan dampak positif bagi kehidupan baik daya tahannya yang baik, ramah lingkungan dan hemat energi. Tetapi, kekurangan yang dimiliki adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan lampu biasa. Nah, sekarang tinggal Anda yang menentukan.

0 komentar:

Posting Komentar