Sabtu, 16 November 2019

Penyakit Kulit Bayi dan Cara Pencegahannya


Penyakit Kulit Bayi dan Cara Pencegahannya

Bagi Anda para orang tua, kesehatan bayi pasti jadi hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh bayi yang masih sangat rentan terhadap berbagai ancaman penyakit. Lingkungan, pakaian dan makanan harus dijaga betul kebersihan dan kandungan nutrisinya agar bayi tetap sehat.

Kesehatan kulit bayi menjadi salah satu bagian yang perlu perhatian khusus. Kulit bayi yang sensitif mudah sekali mengalami iritasi. Dalam artikel ini akan dibahas 3 jenis penyakit kulit yang biasanya dialami oleh bayi. Penjelasan juga akan dilengkapi dengan langkah-langkah pencegahannya.
3 Jenis Penyakit Kulit yang Biasanya Dialami Bayi

1. Ruam Popok
Popok adalah jenis pakaian yang umumnya kerap dikenankan pada bayi. Namun, gesekan kulit dengan popok berpotensi memicu munculnya ruam. diaper cream bayi untuk kulit sensitif dapat digunakan untuk mencegah munculnya ruam pada kulit bayi. Diaper cream tersebut dapat dioleskan pada area kulit yang akan tertutup popok.

Ruam dan iritasi akan mengakibatkan kulit bayi melepuh dan lecet. Rasa gatal juga akan timbul akibat kondisi tersebut. Rasa gatal ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Jadi jangan pernah lupa cegah ruamdan iritasi dengan diaper cream.

2. Biang Keringat
Keringat yang berlebihan akan membuat kulit bayi menjadi terlalu lembap. Kulit yang terlalu lembap dapat memicu timbulnya biang keringat. Biasanya, biang keringat muncul di area lipatan kulit. Untuk mencegah munculnya biang keringat hindari penggunaan pakaian yang ketat. Pakaian yang ketat akan membuat bayi lebih berkeringat sehingga kulit jadi terlalu lembap.

3. Eksim
Eksim yang biasa dialami oleh orang dewasa ternyata juga bisa menyerang kuit bayi. Gejalanya berupa kulit bersisik, kulit memerah dan timbul gelembung berisi air atau nanah. Gangguan kulit ini kemudian akan disusul dengan muncunya rasa gatal yang luar biasa. Eksim biasanya menyerang kulit di area siku, lengan, wajah dan dada.

Pada umumnya, eksim sulit untuk dicegah. Hal ini dikarenakan eksim biasanya menyerang bayi yang memiliki riwayat alergi. Namun, eksim dapat sembuh seiring dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh bayi. Jika bayi Anda terkena eksim, sangat disarankan untuk segera membawanya ke ahli dermatologi agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.



0 komentar:

Posting Komentar