Senin, 02 April 2018

Cara Memilih Pelembap Untuk Wajah Berminyak

Cara Memilih Pelembap Untuk Wajah Berminyak

Wajah berminyak sangat rentan terserang jerawat. Untuk itu dibutuhkan pelembap agar jerawat tidak mudah bersarang di wajah kita.

Namun, dalam memilih pelembap tidak boleh sembarang agar minyak di wajah tidak berlebihan. Lalu bagaimana cara memilih pelembap yang tepat?

Dilansir Fimela dari hellosehat.com, sehabis memcuci wajah, lapisan minyak di permukaan kulit akan tersapu bersih. Maka tidak heran jika kulit akan terasa lebih kering dan kesat setelahnya.

Kondisi kulit yang kering akan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum (minyak wajah) yang lebih banyak sebagai cara tubuh untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

Nah, pelembap yang baik akan membantu mengendalikan produksi minyak berlebih tersebut sambil tetap memastikan kelembapan kulit terjaga selalu.

1. Cek dulu formula dan teksturnya


Pelembap untuk kulit berminyak idealnya harus memiliki formula krim dengan bahan dasar air atau gel, bukannya losion yang berbahan dasar minyak. Pastikan juga produk pelembap  berfomula ringan serta mencantumkan label bebas minyak (oil-free) dan nonkomedogenik (non-comedogenic).

Meski tidak secara khusus dirancang untuk membasmi jerawat, formula pelembap seperti ini tidak akan menyebabkan jerawat.

Jika butuh pelembap yang sekaligus bisa mencegah dan melawan jerawat, pilihllah produk pelembap yang mengandung bahan aktif antibakteri.

2. Kandungan pelembap

Setelah cek tekstur dan formulanya, cek juga label komposisi produk pelembap yang akan dipilih. Dilansir dari WebMD, pelembap untuk kulit berminyak yang baik idealnya mengandung Alpha Hidroxy Acid (AHA), seperti asam laktat atau asam glikolat, yang tidak menyumbat pori-pori  (non-comedogenic).

Berbagai kandungan tersebut membantu kulit untuk menyerap dan mempertahankan kelembapan tanpa memberi minyak tambahan. Oleh sebab itu, penting bagi untuk selalu membaca komposisi bahan pada kemasan dengan teliti sebelum membeli pelembap.

0 komentar:

Posting Komentar